Tuesday, 14 January 2014

Teknik Informatika

apa yang kalian ketahui tentang teknik informatika?
ya, bagian dari fakultas teknik.

apakah pelajaran utamanya tentang komputer?
ya, tentu saja.

apakah pelajarannya tentang cara menggunakan software di komputer?
ya, tapi lebih dari itu.

apakah pelajarannya mencakup tentang bongkar pasang hardware?
tentu saja tidak.

lalu, apa yang di pelajari di teknik informatika?
mungkin ini akan sedikit membantu untuk yang belum mengetahui apa itu teknik informatika.
teknik informatika memang mempelajari tentang komputer, tapi bukan menggunakan komputer dengan software software yang telah ada. tapi kita belajar disini untuk menciptakan ataupun revisi software yang akan di butuhkan untuk masa depan, ataupun masa sekarang.
kita ketahui komputer sangat membantu pekerjaan manusia dengan aplikasi aplikasinya. maka dari itu, pada teknik informatika kita di tuntut untuk bisa menciptakan itu semua.

tentu saja pelajaran pelajaran dasar juga di pelajari disini seperti Matematika (kalkulus), fisika dasar, bahasa inggris, Pkn, agama, bahasa Indonesia, aplikom (penggunaan beberapa software pengolah di Komputer), dan lainnya.

jika ada yang bilang kuliah di teknik, khususnya teknik informatika itu sulit, ya, memang sulit. tapi sulit bagi orang orang yang tidak ingin maju. kita ketahui bahwa jika kita inginkan hasil maksimal, maka usaha kita juga harus maksimal.

pelajarannya sulit?
ya namanya saja pelajaran baru. siapa yang langsung bisa menguasai pelajaran baru tanpa proses? tentu butuh proses untuk memahami pelajaran yang baru. ibarat kita ini adalah anak kecil yang baru mau belajar membaca, yang masih sama sekali buta tentang huruf. tentu saja sangat sulit bukan untuk bisa membaca tulisan ini dengan cepat? ya, sama saja dengan belajar tentang bahasa pemrograman disini.

tamatnya lama?
tergantung kita sendiri sih, kalau mau tamatnya lama ya, nggak usah maksimal belajarnya. santai saja nikmati masa kuliah. kalau mau tamatnya cepat ya, fokus, pikiran jangan terlalu banyak cabang, terlebih pada sesuatu yang buruk. ada kok yang tamat di waktu yang tepat di Teknik Informatika ini.
lagian apa masalahnya dengan tamat lama? kita kuliah butuh skill, butuh ilmu. kalau tamat lama (jangan lama lama amat) tapi ilmunya banyak, skill nya tinggi, kenapa nggak? toh dengan skill dan ilmu itu, bukan kita yang mencari pekerjaan, tapi bakal pekerjaan yang mencari kita.


masih ragu?
Prospek kerja di Teknik Informatika ini sendiri sangat luas. ya kita pahami sendiri kalau pada era ini, komputer itu sangat berguna. tenaga tenaga yang mempunyai keahlian khusus di bidang komputer biasanya banyak di butuhkan.

ini beberapa profesi di bidang IT
1.    Operator
2.  Teknisi Komputer
3. Trainer
4. Konsultan
5. Peneliti
6. Project Manager
7. Programmer
8. Graphic Designer
9. Network Specialist
10. Database Administrator

sebagai referensi, baca juga ini >> 7 jurusan bergaji besar



No comments:

Post a Comment

Give your comments and critics here :)