Friday, 8 March 2013

penyalahgunaan smartphone


MAKALAH TIK
PENGINTEGRASIAN SEBAGAI CARA MENGATASI PENYALAHGUNAAN SMARTPHONE


Disusun oleh :
DETA OKTARIANI
XII IPA C


DINAS PENDIDIKAN KOTA BENGKULU
SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU
T.A. 2011/2012
KATA PENGANTAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji dan syukur saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini sesuai dengan harapan. Makalah ini berjudul TIM RAHASIA CEGAH KENAKALAN REMAJA DI LINGKUNGAN SEKOLAH”, membahas cara-cara untuk mengatasi penyalahgunaan dalam penggunaan smartphone.
Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada guru TIK SMA Negeri 06 Kota Bengkulu, Ibu Desmi Fitri yang telah banyak memberikan pengarahan dan masukan dalam penulisan makalah ini sehingga berjalan lancar.

Bengkulu,     Januari 2013

                                                           
         Deta Oktariani










BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG
            Pada pertengahan abad 20, manusia telah mencapai penguasaan teknologi yang cukup untuk meninggalkan atmosfer bumi untuk pertama kalinya dan menjelajahi ruang angkasa. Teknologi adalah istilah yang merujuk pada apa pun yang dapat dikatakan di setiap periode sejarah tertentu. Teknologi dimulai dengan konversi sumber daya alam menjadi peralatan sederhana. Teknologi membantu manusia dalam segala hal, baik dalam industri, pertanian, dan lain-lain.
            Semakin berkembangnya zaman, teknologi yang timbul semakin canggih. Dimulai dari telepon yang ditemukan oleh  Alexander Graham Bell, telepon yang masih sangat sederhana berkembang menjadi telepon rumah, dan kemudian menjadi handphone yang memiliki berbagai fitur. Telepon yang awalnya hanya bisa untuk menelpon, dengan handphone bisa digunakan untuk SMS (Send Message Service). Kemudian, berkembang lagi dengan adanya fitur  internet pada handphone sampai akhirnya kita kenal smartphones.
            Adanya smartphones sangat berfungsi baik untuk membantu pekerjaan, pembelajaran ataupun hiburan. Tetapi, seperti yang kita ketahui tidak ada teknologi yang tidak memiliki sisi negatif jika di salah gunakan. Maka itu, makalah ini membahas penyalahgunaan smartphone dan cara untuk mengatasinya.

1.2  RUMUSAN  MASALAH
      Dari uraian latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan, yaitu :
1. Apa itu Smartphone?
2. Apa saja jenis-jenis Smartphone?
3. Apa manfaat smartphone?
4. Apa saja bentuk penyalah gunaan smartphone?
5. Bagaimana cara mengatasi penyalahgunaan smartphone di kalangan pelajar?

1.3 TUJUAN PENULISAN
      Adapun penulisan makalah bertujuan untuk mengetahui : 
1. Pengertian Smartphone
2. Jenis-jenis Smartphone
3. Manfaat smartphone
4. Bentuk penyalah gunaan smartphone
5. Cara mengatasi penyalahgunaan smartphone di kalangan pelajar

1.4 MANFAAT PENULISAN
      Manfaat dari penulisan makalah ini yaitu :
1. memberikan informasi tentang pengertian Smartphone
2. memberikan informasi tentang jenis-jenis Smartphone
3. memberikan informasi tentang manfaat smartphone
4. memberikan informasi tentang bentuk penyalah gunaan smartphone
5. memberikan informasi tentang cara mengatasi penyalahgunaan smartphone di kalangan pelajar








                                                                                                                  





BAB II
HASIL DAN PEMBAHASAN

2.1. PENGERTIAN SMARTPHONE
                 Jika diartikan perkata, smart berarti pintar, phone berarti telepon. Bisa kita ambil kesimpulan bahwa smartphone adalah handphone atau telepon genggam yang canggih, yang memiliki kemampuan diatas ponsel-ponsel lain. Smartphone juga memiliki fungsi PDA (Personal Digital Assistant) dan dapat bekerja layaknya sebuah komputer mini. Berikut ini adalah ciri-ciri dari smartphone.

          2.1.1. Sistem operasi
                                    Ciri yang paling utama dari smartphone adalah sistem operasi. Jika sebuah handphone sudah memiliki sistem operasi, maka baru bisa ponsel tersebut dikatakan smartphone. Contoh dari sistem operasi ini adalah Android, Symbian, Windows mobile, dan lain lain.

          2.1.2. Perangkat keras
                                    Setiap smartphone memiliki dukungan perangkat keras untuk dapat menjalankan sistem operasi yang ada di dalamnya. Perangkatnya sama dengan PC, tetapi dalam ukuran yang lebih kecil.

          2.1.3. Pengolah pesan
                 Pengolah pesan pada email lebih dari ponsel lainnya. Pengolah pesan smartphone memiliki keunggulan yaitu berupa pesan elektronik mail (e-mail)

          2.1.4. akses internet/web
                 Mengakses internet melalui smartphone sudah hampir mendekati seperti layaknya kita mengakses internet via komputer. Smartphone juga bisa dijadikan sebagai wifi untuk PC ataupun handphone yang memiliki fitur wifi.

         
          2.1.5. Aplikasi
                 Hal yang paling menyenangkan dari smartphone adalah dapat menggunakan berbagai aplikasi asalkan sesuai dengan sistem operasi yang ada. Para produsen smartphone telah menyediakan tempat khusus untuk berbelanja aplikasi.

          2.1.6. office
                 Smartphone dapat mengolah data-data office dengan cara menginstal aplikasi office. Aplikasi ini dapat diinstal sendiri ataupun bawaan dari produksi smartphone itu sendiri.

2.2. JENIS - JENIS SMARTPHONE
          2.2.1. Bar
                 Smartphone dengan desain bar dilengkapi keypan QWERTY. Hal ini membuat entri data,  pesan teks dan email lebih mudah dan lebih cepat. Smartphone bar mudah digunakan karena tidak ada kebutuhan untuk keyboard software. Smartphone bar biasanya lebih tahan lama daripada jenis lain karena layar yang lebih kecil mengonsumsi daya baterai yang kecil. Smartphone jenis ini sangat baik untuk komunikasi berbasis teks seperti SMS dan email. Contohnya adalah blackberry, Nokia E73, Palm Pixi, dan HTC Dash.

          2.2.2. Slate/Touchscreen
                 Smartphone jenis ini biasanya paling fokus pada hiburan dengan layarnya yang besar. Kamera touchscreen juga lebih baik daripada yang berjenis bar. Kelemahan smartphone jenis ini terletak pada daya baterai yang di konsumsi. Smartphone ini memakan banyak daya baterai untuk menampilkan kekuatan besarnya. Kelemahan lain terletak pada kurangnya keyboard fisik karena beberapa orang lebih menyukai keyboard fisik daripada software keyboard. Contohnya adalah iPhone 4, Evo 4G, HTC HD2 dan Nexus One

          2.2.3.Slider
                 Smartphone jenis slider adalah penggabungan dari touchscreen dan keyboard fisik yang dapat digeser. Kelemahan smartphone ini  juga pada borosnya daya baterai yang digunakan. Selain itu, penggabungan dari dua jenis smartphone membuat smartphone jenis ini mempunyai ukuran yang lebih besar. Contohnya adalah Palm Pra, G1, Samsung Epic 4G (Galaxy S), dan Blackberry torch

2.3. MANFAAT SMARTPHONE
          2.3.1. mendongkrak kinerja bisnis
                 Maraknya penggunaan smartphone memberikan alternatif untuk mendongkrak kinerja bisnis sebuah perusahaan. Smartphone mampu melakukan pekerjaan pekerjaan komputasi dasar, memberikan komputasi mobile yang cukup powerful dan useful. Dengan komputasi mobile, para pekerja dapat terhubung ke email perusahaan setiap saat, sehingga produktifitas dan alur infromasi akan lebih lancar.
                 Beberapa perusahaan mendapatkan daya ungkit bisnis yang cukup signifikan dengan menggunakan smartphone secara optimal untuk bisnis. Sebagai contoh, salah satu perusahaan perangkat lunak, SERENA telah mengintegrasikan hampir seluruh aktifitas perusahaan dalam satu tampilan layar smartphone mulai dari target pemasaran, sampai berkomunikasi dengan seluruh karyawan membuat bisnis lebih efektif dan efisien.

          2.3.2. dalam bidang kesehatan
                 Waktu merupakan hal yang sangat penting. Banyaknya waktu yang kita gunakan untuk beraktivitas membuat kita memerlukan energi yang banyak untuk beraktivitas. Aplikasi smartphone dapat memberikan peluang untuk menyelamatkan banyak nyawa manusia. Informasi analisis kesehatan dapat diintegrasikan ke dalam smartphone sehingga penanganan pasien akan lebih tepat dan cepat

          2.3.3. dalam bidang pendidikan
                 Banyaknya fitur dan aplikasi di smartphone dapat meningkatkan pendidikan. Kecepatan akses internet yang dimiliki smartphone dapat memudahkan pelajar untuk mengakses berbagai informasi tentang pembelajaran. Selain itu, ada juga aplikasi seperti kamus berbagai bahasa atau lainnya yang dapat memudahkan proses pembelajaran.



          2.3.4. bidang sosial
                 Beberapa aplikasi smartphone mendukung akses jejaring sosial yang memungkinkan berhubungan dengan banyak orang baik di daerah yang sama, di luar daerah ataupun negara yang berbeda. Hal ini menyebabkan tingginya jiwa sosial dan banyaknya manusia menganal satu sama lain walaupun mereka tidak pernah berjumpa. Mereka juga bisa mendapatkan informasi dari teman jejaring sosial mereka berkaitan dengan daerah yang ingin mereka cari tahu.


2.4. BENTUK PENYALAHGUNAAN SMARTPHONE
          Sesuai dengan uraian sebelumnya, smartphone memiliki banyak manfaat di berbagai bidang. Tetapi tidak sedikit sisi negatif yang dimiliki smartphone. Penyalahgunaan ini harus kita ketahui agar dapat menghindarinya

          2.4.1.      Berpendapat sebebas-bebasnya
               Adanya smartphone membuat kita dapat memberikan pendapat kita secara bebas melalui jejaring social. Beberapa orang sering menyalahgunakannya dengan berkata-kata yang tidak sepantasnya yang menyebabkan orang lain menjadi tersinggung, padahal tujuan dari smartphone adalah untuk memperluas wawasan maupun pertemanan bukan untuk saling mengejek maupun mencibir.

          2.4.2.      Aplikasi yang dimalfungsikan
                 Kasus terkait pemotretan diam-diam di Jepang, oleh voyeurs jumlahnya makin meningkat. Aplikasi yang memungkinkan shutter tanpa suara menjadi kambing hitam atas tindakan tersebut. Laporan mengenai kasus penyalahgunaan aplikasi ini banyak dilaporkan di perfektur Kanagawa, Jepang. Sekitar 30% kasus melibatkan penyalahgunaan aplikasi smartphone untuk menyebarkan foto mesum maupun hal yang tidak sesuai norma
         
          2.4.3.      Ajang perlombaan
                 Smartphone kerap kali digunakan remaja untuk ajang perlombaan yang membuktikan gaul tidaknya seorang remaja. Remaja pun berbondong-bondong membeli smartphone karena tak ingin kalah dengan teman sebayanya. Remaja menanggap dengan mempunyai smartphone terbaru ia menjadi anak gaul.
          2.4.4.      situs-situs berbau pornografi
                 Melalui adanya tehnologi canggih seperti komputer, internet, dan smartphone, banyak yang menyalahgunakan tehnologi canggih tersebut seperti penggunaan internet yang kurang terkontrol untuk anak-anak di bawah umur, sudah banyak kejadian contohnya banyak anak-anak yang membuka situs situs yang seharusnya tidak dibuka,namun nyatanya mereka dengan mudah mengakses situs tersebut tanpa bimbingan orang tua. Ini yang membuat moral anak-anak bangsa menjadi rusak dan menimbulkan banyak kejadian kriminal yang terjadi setelah mereka membuka situs situs tersebut.
         
          2.4.5.      Media kriminalitas
                          Para oknum kini lebih sering mengincar pengguna smartphone sebagai sasarannya karena smartphone dinilai lebih mudah dibobol aksesnya. Selain itu, para oknum biasanya menipu karena orang-orang cenderung lebih percaya karena mereka berpikir orang menggunakan smartphone adalah orang yang bisa dikatakan berkelas.

          2.4.6.      Media penyebaran perilaku kekerasan 
                 Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan di internet. Karena segi isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan  berbagai macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya  dengan menampilkan hal-hal yang menunjukan kekejaman dan kesadisan.
                 Studi eksperimental menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara  bermain permainan komputer dengan tingkat kejahatan di kalangan anak  muda, khususnya permainan komputer yang banyak memuat unsur kekerasan  dan pembunuhan. Bahkan ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa games yang di mainkan di komputer memiliki sifat menghancurkan yang lebih besar dibandingkan kekerasan yang ada di televisi ataupun  kekerasan dalam kehidupan nyata sekalipun. Hal ini terjadi terutama pada anak-anak. Mereka akan memiliki kekurangan sensitivitas terhadap  sesamanya, memicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada  diri anak, dan bisa mengakibatkan dorongan kepada anak untuk bertindak  kriminal seperti yang dilihatnya (meniru adegan kekerasan).

2.5. CARA MENGATASI PENYALAHGUNAAN SMARTPHONE DI KALANGAN PELAJAR
          Bisa dikatakan masalah penyalahgunaan smartphone merupakan masalah yang kompleks karena akibat yang ditimbulkan tidaklah sedikit. Tetapi, penulis dengan makalah ini menawarkan solusi untuk mengatasi penyalahgunaan ini di kalangan pelajar.
          Sesuai dengan uraian pada bagian 2.3.1. tentang manfaat di bidang bisnis, telah di contohkan penggunaan smartphone yang mengefektifkan kinerja perusahaan SERENA. Dengan itu, penulis memberikan solusi yang melibatkan pihak sekolah untuk mengatasi penyalahgunaan tersebut.
          Caranya adalah, pihak sekolah mendata siswa siswa yang memiliki smartphone. Selanjutnya, pihak sekolah harus mengintegrasikan pembelajaran-pembelajaran, info, materi pembelajaran bahkan tugas tugas pembelajaran kepada seluruh siswa. Dengan begitu, siswa akan lebih disibukkan dan terfokus oleh data-data yang diberikan oleh pihak sekolah sehingga akan berkurangnya aktivitas pada aplikasi lain. Siswa hanya akan menggunakan aplikasi lainnya sebagai hiburan jika siswa merasa jenuh seperti aplikasi game, ataupun jejaring sosial. Siswa akan menggunakan aplikasi itu hanya seperlunya saja karena mereka mendapatkan kesibukan baru dengan di integrasikannya data data pelajaran ke smartphone mereka masing-masing.













                                                                                                                  





BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

3.1. KESIMPULAN
·         Smartphone adalah handphone canggih yang memiliki fitur fitur lengkap serta aplikasi lebih dari handphone lain dan memiliki sistem operasi yang hampir sama dengan komputer
·         Jenis jenis smartphone dari desainnya adalah bar, touchscreen dan slider
·         Smartphone memiliki manfaat di bidang bisnis, pendidikan, sosial, kesehatan, dan lainnya
·         Bentuk penyalahgunaan smartphone yaitu kebebasan berpendapat, ajang berlomba, mendukung kriminalitas, pengaksesan situs pornografi, dll
·         Cara mengatasi penyalahgunaan smartphone di kalangan remaja salah satunya dengan mengintegrasikan data dan informasi pembelajaran ke smartphone siswa dengan di data sebelumnya.
3.2. SARAN
·         Sebaiknya, penggunaan smartphone di kalangan pelajar harus di awasi oleh orang tua untuk dibatasi penggunaan untuk hal hal yang merugikan.
·         Sekolah harus berperan atau ikut andil dalam mengatasi penyalahgunaan smartphone
·         Siswa harus mengetahui hal hal yang harus di hindarinya dalam penggunaan smartphone.
·         Siswa harus membatasi pengaksesan internet yang tidak berguna untuk pembelajaran ataupun hiburan. (negatif)
·         Guru harus mensosialisasikan dampak negatif dan positif dari smartphone dan harus membimbing siswa bagaimana cara menggunakannya.








DAFTAR PUSTAKA

http://www.tahuinfo.com/2012/03/pengertian-smartphone-dan-ciri-cirinya.html?m=1
http://m.portal.paseban.com/?mod=content&act=read&id=2887



















CURUCULUM VITAE

Nama               : Deta Oktariani
TTL                 : Bengkulu, 21 Oktober 1996
Jenis kelamin   : perempuan
Agama             : Islam
Pangkalan        : SMP Negeri 01 Kota Bengkulu
Alamat                        : Jl. RE Martadinata IV Perumahan Bumi Nusa Asri blok E. 12
Pendidikan      : TK Al- Hidayah
                          SDN 37 Bengkulu
                          SMPN 01 Bengkulu
                          SMAN 06 Bengkulu
Hobby             : menulis
Cita-cita          : penulis
Nama ibu         : Sefti Karliza
Nama Ayah     : Hermansyah

No comments:

Post a Comment

Give your comments and critics here :)