Monday, 10 December 2012

STOP Kurangi kejenuhan




Berbicara tentang mutu pendidikan, tidak akan pernah terlepas dari KBM (kegiatan belajar mengajar) yang dianggap menjenuhkan oleh sebagian besar pelajar. Akan sulit untuk meningkatkan mutu pendidikan kalau kejenuhan itu terus dirasakan. Belajar non-formal pun kurang bisa diharapkan untuk saat ini karena dari beberapa sumber yang saya dapatkan, pelajar lebih cenderung mengandalkan pelajaran di sekolah daripada tempat lain.
                 KBM  merupakan kegiatan pembelajaran yang paling utama. KBM yang menjenuhkan bagi pelajar harus bisa menjadi suatu kegiatan yang sangat dinanti-nanti pelajar. Bagaimana caranya? inilah fungsi system STOP atau Story and Play. Sistem ini dilakukan setiap akhir BAB. Berikut tahap-tahapnya.
                 Tahap awal adalah Story. Guru dituntut untuk dapat mengemas pelajaran dalam bentuk cerita yang menarik untuk meningkatkan mood siswa. Tidak terlalu sulit untuk seorang guru melakukan ini karena mereka telah menguasai isi materi. Untuk pelajaran berupa rumus pun bisa dikemas dalam bentuk cerita. simbol- simbol rumus dapat diumpamakan dengan kata-kata menarik/ mudah diingat.
                 Selanjutnya tahap Play. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok yang dalam satu kelompok paling banyak lima orang. Tahap ini dibuat dalam bentuk LCC (Lomba Cerdas Cermat) untuk menguji tingkat pemahaman siswa. Dengan cara ini, mereka akan berusaha terus menjawab karena mereka menginginkan poin tertinggi untuk tim mereka. Dengan cara ini, otak mereka pun akan mengingat jawaban dari soal-soal itu. Menurut survey,  mengingat dengan cara ini akan tersimpan lebih lama daripada metode menghapal. Agar lebih menarik minat, diberikan reward bagi tim yang memenangkan lomba tersebut.
                 Setelah semangat dan daya ingat siswa meningkat, secara otomatis pengetahuan yang mereka punya akan meningkat. Sejalan dengan itu juga, mutu pendidikan di suatu wilayah khususnya di Provinsi Bengkulu akan semakin meningkat.


No comments:

Post a Comment

Give your comments and critics here :)