penyalahgunaan smartphone
MAKALAH TIK
PENGINTEGRASIAN
SEBAGAI CARA MENGATASI PENYALAHGUNAAN SMARTPHONE
Disusun
oleh :
DETA OKTARIANI
XII IPA C
DINAS PENDIDIKAN KOTA
BENGKULU
SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU
T.A. 2011/2012
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji dan syukur saya ucapkan kepada Allah
SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini sesuai
dengan harapan. Makalah ini berjudul
“TIM RAHASIA CEGAH KENAKALAN REMAJA DI LINGKUNGAN SEKOLAH”,
membahas cara-cara untuk mengatasi penyalahgunaan dalam
penggunaan smartphone.
Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada guru
TIK SMA Negeri 06 Kota Bengkulu, Ibu Desmi Fitri
yang telah banyak memberikan pengarahan
dan masukan dalam penulisan makalah
ini sehingga
berjalan lancar.
Bengkulu, Januari
2013
Deta Oktariani
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Pada pertengahan abad 20, manusia telah mencapai
penguasaan teknologi yang cukup untuk meninggalkan atmosfer bumi untuk pertama
kalinya dan menjelajahi ruang angkasa. Teknologi adalah istilah yang merujuk
pada apa pun yang dapat dikatakan di setiap periode sejarah tertentu. Teknologi
dimulai dengan konversi sumber daya alam menjadi peralatan sederhana. Teknologi
membantu manusia dalam segala hal, baik dalam industri, pertanian, dan lain-lain.
Semakin berkembangnya zaman, teknologi yang timbul
semakin canggih. Dimulai dari telepon yang ditemukan oleh Alexander Graham Bell, telepon yang masih
sangat sederhana berkembang menjadi telepon rumah, dan kemudian menjadi
handphone yang memiliki berbagai fitur. Telepon yang awalnya hanya bisa untuk
menelpon, dengan handphone bisa digunakan untuk SMS (Send Message Service). Kemudian,
berkembang lagi dengan adanya fitur
internet pada handphone sampai akhirnya kita kenal smartphones.
Adanya smartphones sangat berfungsi baik untuk membantu
pekerjaan, pembelajaran ataupun hiburan. Tetapi, seperti yang kita ketahui
tidak ada teknologi yang tidak memiliki sisi negatif jika di salah gunakan.
Maka itu, makalah ini membahas penyalahgunaan smartphone dan cara untuk
mengatasinya.
1.2 RUMUSAN
MASALAH
Dari
uraian latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan,
yaitu :
1. Apa itu Smartphone?
2. Apa saja jenis-jenis
Smartphone?
3. Apa manfaat smartphone?
4. Apa saja bentuk penyalah
gunaan smartphone?
5. Bagaimana cara mengatasi
penyalahgunaan smartphone di kalangan pelajar?
1.3
TUJUAN PENULISAN
Adapun penulisan makalah bertujuan
untuk mengetahui :
1. Pengertian Smartphone
2. Jenis-jenis Smartphone
3. Manfaat smartphone
4. Bentuk penyalah gunaan
smartphone
5. Cara mengatasi
penyalahgunaan smartphone di kalangan pelajar
1.4
MANFAAT PENULISAN
Manfaat
dari penulisan makalah ini yaitu :
1. memberikan informasi tentang
pengertian Smartphone
2. memberikan informasi tentang
jenis-jenis Smartphone
3. memberikan informasi tentang
manfaat smartphone
4. memberikan informasi tentang
bentuk penyalah gunaan smartphone
5. memberikan informasi tentang cara mengatasi
penyalahgunaan smartphone di kalangan pelajar
BAB
II
HASIL DAN PEMBAHASAN
2.1. PENGERTIAN SMARTPHONE
Jika diartikan
perkata, smart berarti pintar, phone berarti telepon. Bisa kita ambil
kesimpulan bahwa smartphone adalah handphone atau telepon genggam yang canggih,
yang memiliki kemampuan diatas ponsel-ponsel lain. Smartphone juga memiliki
fungsi PDA (Personal Digital Assistant) dan dapat bekerja layaknya sebuah
komputer mini. Berikut ini adalah ciri-ciri dari smartphone.
2.1.1.
Sistem operasi
Ciri yang paling utama dari
smartphone adalah sistem operasi. Jika sebuah handphone sudah memiliki sistem
operasi, maka baru bisa ponsel tersebut dikatakan smartphone. Contoh dari
sistem operasi ini adalah Android, Symbian, Windows mobile, dan lain lain.
2.1.2.
Perangkat keras
Setiap smartphone memiliki
dukungan perangkat keras untuk dapat menjalankan sistem operasi yang ada di
dalamnya. Perangkatnya sama dengan PC, tetapi dalam ukuran yang lebih kecil.
2.1.3. Pengolah pesan
Pengolah
pesan pada email lebih dari ponsel lainnya. Pengolah pesan smartphone memiliki
keunggulan yaitu berupa pesan elektronik mail (e-mail)
2.1.4. akses internet/web
Mengakses
internet melalui smartphone sudah hampir mendekati seperti layaknya kita
mengakses internet via komputer. Smartphone juga bisa dijadikan sebagai wifi
untuk PC ataupun handphone yang memiliki fitur wifi.
2.1.5.
Aplikasi
Hal
yang paling menyenangkan dari smartphone adalah dapat menggunakan berbagai
aplikasi asalkan sesuai dengan sistem operasi yang ada. Para produsen
smartphone telah menyediakan tempat khusus untuk berbelanja aplikasi.
2.1.6. office
Smartphone
dapat mengolah data-data office dengan cara menginstal aplikasi office.
Aplikasi ini dapat diinstal sendiri ataupun bawaan dari produksi smartphone itu
sendiri.
2.2. JENIS - JENIS SMARTPHONE
2.2.1. Bar
Smartphone
dengan desain bar dilengkapi keypan QWERTY. Hal ini membuat entri data, pesan teks dan email lebih mudah dan lebih
cepat. Smartphone bar mudah digunakan karena tidak ada kebutuhan untuk keyboard
software. Smartphone bar biasanya lebih tahan lama daripada jenis lain karena
layar yang lebih kecil mengonsumsi daya baterai yang kecil. Smartphone jenis
ini sangat baik untuk komunikasi berbasis teks seperti SMS dan email. Contohnya
adalah blackberry, Nokia E73, Palm Pixi, dan HTC Dash.
2.2.2. Slate/Touchscreen
Smartphone
jenis ini biasanya paling fokus pada hiburan dengan layarnya yang besar. Kamera
touchscreen juga lebih baik daripada yang berjenis bar. Kelemahan smartphone
jenis ini terletak pada daya baterai yang di konsumsi. Smartphone ini memakan
banyak daya baterai untuk menampilkan kekuatan besarnya. Kelemahan lain
terletak pada kurangnya keyboard fisik karena beberapa orang lebih menyukai
keyboard fisik daripada software keyboard. Contohnya adalah iPhone 4, Evo 4G,
HTC HD2 dan Nexus One
2.2.3.Slider
Smartphone
jenis slider adalah penggabungan dari touchscreen dan keyboard fisik yang dapat
digeser. Kelemahan smartphone ini juga
pada borosnya daya baterai yang digunakan. Selain itu, penggabungan dari dua
jenis smartphone membuat smartphone jenis ini mempunyai ukuran yang lebih
besar. Contohnya adalah Palm Pra, G1, Samsung Epic 4G (Galaxy S), dan
Blackberry torch
2.3. MANFAAT SMARTPHONE
2.3.1. mendongkrak kinerja bisnis
Maraknya
penggunaan smartphone memberikan alternatif untuk mendongkrak kinerja bisnis
sebuah perusahaan. Smartphone mampu melakukan pekerjaan pekerjaan komputasi
dasar, memberikan komputasi mobile yang cukup powerful dan useful. Dengan
komputasi mobile, para pekerja dapat terhubung ke email perusahaan setiap saat,
sehingga produktifitas dan alur infromasi akan lebih lancar.
Beberapa
perusahaan mendapatkan daya ungkit bisnis yang cukup signifikan dengan
menggunakan smartphone secara optimal untuk bisnis. Sebagai contoh, salah satu
perusahaan perangkat lunak, SERENA telah mengintegrasikan hampir seluruh
aktifitas perusahaan dalam satu tampilan layar smartphone mulai dari target
pemasaran, sampai berkomunikasi dengan seluruh karyawan membuat bisnis lebih
efektif dan efisien.
2.3.2. dalam bidang kesehatan
Waktu
merupakan hal yang sangat penting. Banyaknya waktu yang kita gunakan untuk
beraktivitas membuat kita memerlukan energi yang banyak untuk beraktivitas.
Aplikasi smartphone dapat memberikan peluang untuk menyelamatkan banyak nyawa
manusia. Informasi analisis kesehatan dapat diintegrasikan ke dalam smartphone
sehingga penanganan pasien akan lebih tepat dan cepat
2.3.3. dalam bidang pendidikan
Banyaknya
fitur dan aplikasi di smartphone dapat meningkatkan pendidikan. Kecepatan akses
internet yang dimiliki smartphone dapat memudahkan pelajar untuk mengakses
berbagai informasi tentang pembelajaran. Selain itu, ada juga aplikasi seperti
kamus berbagai bahasa atau lainnya yang dapat memudahkan proses pembelajaran.
2.3.4.
bidang sosial
Beberapa
aplikasi smartphone mendukung akses jejaring sosial yang memungkinkan
berhubungan dengan banyak orang baik di daerah yang sama, di luar daerah
ataupun negara yang berbeda. Hal ini menyebabkan tingginya jiwa sosial dan
banyaknya manusia menganal satu sama lain walaupun mereka tidak pernah
berjumpa. Mereka juga bisa mendapatkan informasi dari teman jejaring sosial
mereka berkaitan dengan daerah yang ingin mereka cari tahu.
2.4. BENTUK PENYALAHGUNAAN SMARTPHONE
Sesuai
dengan uraian sebelumnya, smartphone memiliki banyak manfaat di berbagai
bidang. Tetapi tidak sedikit sisi negatif yang dimiliki smartphone.
Penyalahgunaan ini harus kita ketahui agar dapat menghindarinya
2.4.1.
Berpendapat sebebas-bebasnya
Adanya smartphone membuat kita dapat memberikan pendapat kita secara
bebas melalui jejaring social. Beberapa orang sering menyalahgunakannya dengan
berkata-kata yang tidak sepantasnya yang menyebabkan orang lain menjadi
tersinggung, padahal tujuan dari smartphone adalah untuk memperluas wawasan
maupun pertemanan bukan untuk saling mengejek maupun mencibir.
2.4.2.
Aplikasi yang dimalfungsikan
Kasus
terkait pemotretan diam-diam di Jepang, oleh voyeurs jumlahnya makin meningkat.
Aplikasi yang memungkinkan shutter tanpa suara menjadi kambing hitam atas
tindakan tersebut. Laporan mengenai kasus penyalahgunaan aplikasi ini banyak
dilaporkan di perfektur Kanagawa, Jepang. Sekitar 30% kasus melibatkan
penyalahgunaan aplikasi smartphone untuk menyebarkan foto mesum maupun hal yang
tidak sesuai norma
2.4.3.
Ajang perlombaan
Smartphone
kerap kali digunakan remaja untuk ajang perlombaan yang membuktikan gaul
tidaknya seorang remaja. Remaja pun berbondong-bondong membeli smartphone
karena tak ingin kalah dengan teman sebayanya. Remaja menanggap dengan
mempunyai smartphone terbaru ia menjadi anak gaul.
2.4.4.
situs-situs berbau pornografi
Melalui
adanya tehnologi canggih seperti komputer, internet, dan smartphone, banyak
yang menyalahgunakan tehnologi canggih tersebut seperti penggunaan internet
yang kurang terkontrol untuk anak-anak di bawah umur, sudah banyak kejadian
contohnya banyak anak-anak yang membuka situs situs yang seharusnya tidak
dibuka,namun nyatanya mereka dengan mudah mengakses situs tersebut tanpa bimbingan
orang tua. Ini yang membuat moral anak-anak bangsa menjadi rusak dan
menimbulkan banyak kejadian kriminal yang terjadi setelah mereka membuka situs
situs tersebut.
2.4.5.
Media kriminalitas
Para
oknum kini lebih sering mengincar pengguna smartphone sebagai sasarannya karena
smartphone dinilai lebih mudah dibobol aksesnya. Selain itu, para oknum
biasanya menipu karena orang-orang cenderung lebih percaya karena mereka
berpikir orang menggunakan smartphone adalah orang yang bisa dikatakan berkelas.
2.4.6.
Media penyebaran perilaku kekerasan
Kekejaman
dan kesadisan juga banyak ditampilkan di internet. Karena segi isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan berbagai macam cara agar dapat menjual situs
mereka. Salah satunya dengan menampilkan
hal-hal yang menunjukan kekejaman dan kesadisan.
Studi
eksperimental menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara bermain permainan komputer dengan tingkat
kejahatan di kalangan anak muda,
khususnya permainan komputer yang banyak memuat unsur kekerasan dan pembunuhan. Bahkan ada sebuah penelitian
yang menunjukkan bahwa games yang di mainkan di komputer memiliki sifat
menghancurkan yang lebih besar dibandingkan kekerasan yang ada di televisi
ataupun kekerasan dalam kehidupan nyata
sekalipun. Hal ini terjadi terutama pada anak-anak. Mereka akan memiliki
kekurangan sensitivitas terhadap
sesamanya, memicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis
pada diri anak, dan bisa mengakibatkan
dorongan kepada anak untuk bertindak
kriminal seperti yang dilihatnya (meniru adegan kekerasan).
2.5. CARA MENGATASI PENYALAHGUNAAN SMARTPHONE DI KALANGAN
PELAJAR
Bisa
dikatakan masalah penyalahgunaan smartphone merupakan masalah yang kompleks
karena akibat yang ditimbulkan tidaklah sedikit. Tetapi, penulis dengan makalah
ini menawarkan solusi untuk mengatasi penyalahgunaan ini di kalangan pelajar.
Sesuai
dengan uraian pada bagian 2.3.1. tentang manfaat di bidang bisnis, telah di
contohkan penggunaan smartphone yang mengefektifkan kinerja perusahaan SERENA.
Dengan itu, penulis memberikan solusi yang melibatkan pihak sekolah untuk
mengatasi penyalahgunaan tersebut.
Caranya
adalah, pihak sekolah mendata siswa siswa yang memiliki smartphone.
Selanjutnya, pihak sekolah harus mengintegrasikan pembelajaran-pembelajaran,
info, materi pembelajaran bahkan tugas tugas pembelajaran kepada seluruh siswa.
Dengan begitu, siswa akan lebih disibukkan dan terfokus oleh data-data yang
diberikan oleh pihak sekolah sehingga akan berkurangnya aktivitas pada aplikasi
lain. Siswa hanya akan menggunakan aplikasi lainnya sebagai hiburan jika siswa
merasa jenuh seperti aplikasi game, ataupun jejaring sosial. Siswa akan
menggunakan aplikasi itu hanya seperlunya saja karena mereka mendapatkan
kesibukan baru dengan di integrasikannya data data pelajaran ke smartphone
mereka masing-masing.
BAB III
KESIMPULAN DAN
SARAN
3.1. KESIMPULAN
·
Smartphone adalah
handphone canggih yang memiliki fitur fitur lengkap serta aplikasi lebih dari
handphone lain dan memiliki sistem operasi yang hampir sama dengan komputer
·
Jenis jenis
smartphone dari desainnya adalah bar, touchscreen dan slider
·
Smartphone memiliki
manfaat di bidang bisnis, pendidikan, sosial, kesehatan, dan lainnya
·
Bentuk
penyalahgunaan smartphone yaitu kebebasan berpendapat, ajang berlomba, mendukung
kriminalitas, pengaksesan situs pornografi, dll
·
Cara mengatasi
penyalahgunaan smartphone di kalangan remaja salah satunya dengan
mengintegrasikan data dan informasi pembelajaran ke smartphone siswa dengan di
data sebelumnya.
3.2. SARAN
·
Sebaiknya,
penggunaan smartphone di kalangan pelajar harus di awasi oleh orang tua untuk
dibatasi penggunaan untuk hal hal yang merugikan.
·
Sekolah harus
berperan atau ikut andil dalam mengatasi penyalahgunaan smartphone
·
Siswa harus
mengetahui hal hal yang harus di hindarinya dalam penggunaan smartphone.
·
Siswa harus
membatasi pengaksesan internet yang tidak berguna untuk pembelajaran ataupun
hiburan. (negatif)
·
Guru harus
mensosialisasikan dampak negatif dan positif dari smartphone dan harus
membimbing siswa bagaimana cara menggunakannya.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.tahuinfo.com/2012/03/pengertian-smartphone-dan-ciri-cirinya.html?m=1
http://m.portal.paseban.com/?mod=content&act=read&id=2887
CURUCULUM
VITAE
Nama :
Deta Oktariani
TTL :
Bengkulu, 21 Oktober 1996
Jenis kelamin : perempuan
Agama :
Islam
Pangkalan : SMP Negeri 01 Kota Bengkulu
Alamat :
Jl. RE Martadinata IV Perumahan Bumi Nusa Asri blok E. 12
Pendidikan : TK Al- Hidayah
SDN 37 Bengkulu
SMPN 01 Bengkulu
SMAN 06 Bengkulu
Hobby :
menulis
Cita-cita : penulis
Nama ibu :
Sefti Karliza
Nama Ayah : Hermansyah
0 komentar:
Pertanyaan, kritik, saran, silakan :)