STOP Kurangi kejenuhan
KBM merupakan kegiatan pembelajaran yang paling
utama. KBM yang menjenuhkan bagi pelajar harus bisa menjadi suatu kegiatan yang
sangat dinanti-nanti pelajar. Bagaimana caranya? inilah fungsi system STOP atau Story and Play. Sistem
ini dilakukan setiap akhir BAB. Berikut tahap-tahapnya.
Tahap
awal adalah Story. Guru dituntut untuk dapat mengemas pelajaran dalam
bentuk cerita yang menarik untuk meningkatkan mood siswa. Tidak terlalu
sulit untuk seorang guru melakukan ini karena mereka telah menguasai isi materi.
Untuk pelajaran berupa rumus pun bisa dikemas dalam bentuk cerita. simbol-
simbol rumus dapat diumpamakan dengan kata-kata menarik/ mudah diingat.
Selanjutnya
tahap Play. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok yang dalam satu
kelompok paling banyak lima orang. Tahap ini dibuat dalam bentuk LCC (Lomba
Cerdas Cermat) untuk menguji tingkat pemahaman siswa. Dengan cara ini, mereka
akan berusaha terus menjawab karena mereka menginginkan poin tertinggi untuk tim
mereka. Dengan cara ini, otak mereka pun akan mengingat jawaban dari soal-soal
itu. Menurut survey, mengingat dengan
cara ini akan tersimpan lebih lama daripada metode menghapal. Agar lebih
menarik minat, diberikan reward bagi tim yang memenangkan lomba tersebut.
Setelah
semangat dan daya ingat siswa meningkat, secara otomatis pengetahuan yang
mereka punya akan meningkat. Sejalan dengan itu juga, mutu pendidikan di suatu
wilayah khususnya di Provinsi Bengkulu akan semakin meningkat.
0 komentar:
Pertanyaan, kritik, saran, silakan :)