Monday, 5 May 2014

World Bank : Ekonomi Indonesia Menduduki Peringkat Ke-10 (Sepuluh) di Dunia!

Indonesia menduduki peringkat ke 10 di dunia di bidang ekonomi. Hal ini disampaikan oleh World Bank. Indonesia mempengaruhi 2,3 % dari ekonomi global. Indonesia berada dibawah negara-negara maju seperti United States, China, India, Jepang, Jerman, Rusia, Brazil, Prancis, dan Britain. Sebelumnya, Indonesia Menduduki peringkat ke 16 dan kali ini, Indonesia berhasil menggeser negara-negara maju seperti Spanyol, Korea Selatan dan Kanada.

Amerika serikat (United States) kehilangan predikatnya sebagai peraih ekonomi terbesar di dunia. kemungkinan, posisi tersebut akan terlampaui oleh China. Padahal, US telah menjadi negara dengan ekonomi terbesar di dunia sejak tahun 1872.

OECD (The Organization for Economic Cooperation and Development) memperkirakan China akan berada diatas US pada tahun 2016. Sedangkan China sendiri berharap akan mberada diperingkat pertama pada tahun 2019.

Hal ini direspon cepat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang diutarakannya lewat account twitternya @SBYudhoyono "Pagi ini saya menerima laporan bahwa Indonesia menduduki peringkat 10 perekonomian dunia. Terimakasih tuhan, ini berkat usaha dan kerja keras" tuturnya.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, pencapaian itu berkat dukungan dari kebijakan ekonomi pemerintah . " Itu berarti perekonomian Indonesia berada pada jalur yang benar dan kami telah membuat kemajuan yang signifikan karena beberapa tahun yang lalu kami berada di posisi ke-16 , " kata Chatib , seperti dikutip Middle East , Minggu .

Tapi hal ini diiringi dengan tingkat pertumbuhan yang tidak merata, karena semakin melebarnya jurang antara si kaya dan si miskin. Konsumen terbesar adalah Orang kaya yang jumlahnya hanya sekitar 20% dengan persentase pertumbuhan konsumsi sebesar 5,9 % sedangkan si Miskin 40%, hanya memiliki pertumbuhan konsumi 1,3%.

pengeluaran pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan tinggi mencapai 282000000000000 rupiah ( $ 24500000000 ) tahun ini . hal ini masih menunjukkan ketimpangan, yang harus diperbaiki untuk tahun tahun berikutnya.

Indonesia mengalami banyak kemajuan dalam segi ekonomi, tapi tidak terlihat perubahan yang nyata dari Indonesia. seharusnya, kita bersama membantu pemerintah untuk memperbaiki sistem yang ada, agar pertumbuhan ekonomi tersebut tidak hanya didukung oleh orang yang berpenghasilan tinggi, tetapi akan lebih baik jika pertumbuhan ekonomi meningkat, merata kepada seluruh masyarakat Indonesia :)

Some sumber from : www.thejakartaglobe.com

4 comments:

  1. sebenarnya gak penting urutan posisi, krna itu cuma kuantitas, angka diatas kertas.
    lebih baik fokus pada kualitas, pada kesejahteraan. biarlah posisi 100 di dunia, asalkan sebagian besar rakyat mendapat kehidupan yg layak :D

    ReplyDelete
  2. nah itulah kak, yg diatas itu positif, berarti Indonesia mengalami kemajuan signifikan. waktu baco bagian bawah.. -__-

    ReplyDelete
  3. yuph...semoga the new precident bisa mendorong kita semua utk memajukan ekonomi indonesia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin , semoga aj kejadian lama tidak terulang kembali :v

      Delete

Give your comments and critics here :)