Wednesday, 30 October 2013

apa yang kita anggap baik, belum tentu yang terbaik(story of life)

share tentang kisah yang aneh, ntah kebetulankah, tapi saya rasa ini jalan ALLAH SWT karena hanya Dia lah yang tau yang terbaik

saya manusia biasa, dari keluarga yang biasa, kemampuan yang biasa, tapi dengan segala keterbatasan yang ada, saya mencoba menjadi manusia yang luar biasa.

saya Deta Oktariani, dilahirkan dari pasangan Sefti Karlisa dan Hermansyah pada 17 tahun yang lalu, 21 Oktober 1996 di sebuah rumah sakit di Kota Bengkulu. saya terlahir normal seperti bayi bayi pada umumnya dengan berat 3,5 kg dan bisa membuat sumringah wajah orang tua saya, kakek nenek saya, dan keluarga saya yang lain

saya tumbuh dengan biasa seperti anak pada umumnya tapi saat balita, terjadi beberapa keanehan . bukan keanehan yang luar biasa seperti nabi Isa AS yang bisa berbicara saat masih bayi, bukan seperti beberapa ilmuwan yang bisa jenius saat masih kecil. keanehan ini bisa di bilang sesuatu yang kurang baik

saat itu saya balita, rambut saya pun tumbuh dengan biasa, tetapi ternyata itu tidak biasa karena orang bilang itu "rambut hidup" . ntahlah, saya juga tidak mengerti. tapi atas izin ALLAH SWT, semua itu bisa teratasi. beberapa saat, seperti anak kecil pada umumnya yang bisa melihat yang ghaib, saya pun bisa. tetapi bedanya, saat itu saya malah bermain main dan di bawa dari rumah saya menuju suatu tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah saya, tetapi sempat menggemparkan keluarga keluarga saya.

saat itu makhluk itu berwujud manusia, menanyakan beberapa hal tentang nenek saya, rupa nenek saya, sifat, dan lainlain. dan tidak lama setelah itu makhluk itu kembali dengan bentuk menyerupai nenek saya, membujuk saya untuk "jajan" dan makhluk itu pun mendorong sepeda roda tiga saya menuju minimarket dekat rumah saya. tak berapa lama, akhirnya keberadaan saya di ketahui keluarga saya dan saya pun di bawa pulang dalam keadaan sendirian.

di rumah , saya diajarkan banyak hal oleh orang tua saya saat saya masih usia balita . saya diajarkan mengaji, menghapal ayat pendek, bahasa inggris, membaca, menulis, dan lainnya. saat TK(Al Hidayah)  pun alhamdulillah saya sudah bisa membaca sebelum diajarkan guru, berkat orang tua terhebat saya.

saya melanjutkan sekolah saya di SDN 37 Kota Bengkulu. ingat sekali saat pertama mengenakan baju merah putih, dengan harunya ibu saya mengatakan "cie anak SD :)" dan saya pun tersenyum sumringah dengan bangganya karena saya sudah selangkah lebih besar dari sebelumnya.

SD saya sering diremehkan oleh beberapa sekolah lainnya karena mereka menganggap sekolah mereka lebih baik dan lebih hebat. di SD ini, masa terlama sekolah ini, adalah masa yang sangat menyenangkan dan have fun bersama teman tanpa banyak hal yang di pikirkan dan di pusingkan. alhasil, angkatan saya berhasil menduduki peringkat 5 se kota bengkulu, jauh diatas sekolah yang sering meremehkan sekolah saya.

beberapa saat sebelum UN SD, saya menemukan dua tempelan brosur sekolah menengah pertama , yaitu kelas SBI dan kelas Akselerasi. saat itu saya tertarik untuk mengikuti kelas SBI karena menggunakan bahasa inggris dalam pembelajarannya. tetapi, guru saya merekomendasikan saya mengikuti kelas akselerasi karena bisa menghemat perjalanan sekolah saya. guru saya langsung menghubungi orang tua saya dan meyakinkan orang tua saya kalau saya bisa masuk kesana. orang tua saya pun menyetujui walau masih banyak yang dipikirkannya, terutama tentang besarnya biaya

saya mengikuti tes itu, mencoba yang terbaik dan akhirnya saya pun lulus. saya tidak tau betapa bahagianya saya dan orang orang di sekitar saya mengetahui saya lulus dan yang terpenting, saya sangat senang karena bisa membuat orang tua saya bangga.

setelah lulus dari sana, saya ingin masuk ke sebuah sekolah menengah atas yang sangat populer di kota bengkulu ini. saya pun dengan semangatnya mengumpulkan semua persyaratan persyaratan. tetapi, semangat saya patah karena orang tua saya tidak mengizinkan karena besarnya biaya. saya sempat merasa terasingkan, karena semua teman saya berada di dua sekolah favorit, tetapi saya beda sendiri.

setelah menjalani sekolah di sekolah baru saya, saya mulai memahami mengapa ALLAH SWT membuat saya sekolah disini. karena disini saya bisa mengembangkan diri, menuntut ilmu agama yang lebih dan mengukir prestasi yang mungkin tidak bisa saya ukir di sekolah yang saya inginkan sebelumnya. al hasil, di jenjang ini saya banyak mendapatkan penghargaan karena prestasi individu maupun kelompok, dan peringkat kelas walau pada beberapa semester, naik turun.

di jenjang ini juga saya bisa aktif di dunia kepramukaan yang membawa saya mengukir banyak prestasi dan dikenal banyak orang hingga pada oktober 2012 saya menginjakkan kaki saya di ranah Papua, dengan biaya yang kami usahakan sendiri dan bantuan pemerintah kota, dengan membawa nama kebanggaan pramuka bengkulu dan sekolah saya tercinta, SMAN 06 Kota Bengkulu

menjelang melanjutkan ke jenjang selanjutnya, saya sangat menginginkan melanjutkan sekolah di luar kota. saya mengikuti tes salah satu sekolah ikatan dinas dengan keyakinan bahwa saya bisa lulus. tetapi lagi, ALLAH SWT memberikan nikmat sakit kepada saya pada 3 hari sebelum tes sehingga tidak ada kekuatan untuk saya mengulang pelajaran pada hari menjelang tes dan al hasil, saya tidak lulus

keinginan saya sekolah di luar tidak selesai disana, saya ingin sekali meletakkan pilihan SNMPTN pada universitas luar. tetapi lagi, orang tua saya tidak mengizinkan karena banyak faktor. saya pun sempat mengasingkan diri, bukan karena gengsi atau apalah itu. tapi saya sungguh ingin mencoba hidup mandiri di kota orang dan apa boleh buat, saya pun meletakkan pilihan pertama di universitas di kota saya sendiri

alhamdulillah akhirnya ALLAH SWT menjawab semua pertanyaan pertanyaan saya, saya di luluskan pada pilihan pertama saya di SNMPTN undangan di jurusan teknik informatika. saat itu yang saya tau, prospek kerja di jurusan ini banyak di berbagai bidang. hanya itu. saya pun sama sekali tidak terbayang apa yang sebenarnya di pelajari pada jurusan ini. yang saya tau, saya akan banyak menghadap layar komputer.

tak lama, semua itupun terjawab saat salah satu teman seperjuangan saya mengatakan bahwa pada beberapa tahun ke depan, yang akan menguasai adalah ahli ahli IT dan ahli ahli IT lah yang akan memegang penghasilan terbesar di beberapa tahun ke depan . mulai saat itu, saya mulai mencoba mencintai pelajaran saya, mencoba menghalau rasa malas saya, dan mencoba menekuni hal hal yang akan membuat saya maju.

this story will be continued dan saya harap beberapa tahun ke depan saya akan menulis lagi di blog ini dengan membawa berita kesuksesan saya. aamiin ya rabbal aalamiiin o:)

2 comments:

  1. Nice Story :)
    "yang akan menguasai adalah ahli ahli IT dan ahli ahli IT lah yang akan memegang penghasilan terbesar di beberapa tahun ke depan"
    LIKE (y) this is fact ! but, if we try hard and excited :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha thankyouu kak :) haha sure, we'll do it, and we'll get it :D

      Delete

Give your comments and critics here :)